Rabu, 03 Oktober 2012

BIVAK

Bivak adalah tempat berlindung sementara di alam bebas dari aneka gangguan cuaca, binatang buas, dan angin tentunya. Memang semua itu bisa mempergunakan Tenda Dome atau Flysheet, akan tetapi,bagaimana jika alat berlindung siap pakai tadi rusak ataupun sobek saat di alam bebas? Sudah tentu kita harus bisa membuat bivak atau shelter dari bahan sekeliling kita. Bivak atau shelter dapat dibagi atas : 1. Bivak alam Tempat berlindung yang dibuat dengan menggunakan bahan - bahan yang terdapat di alam seperti ; a. Pohon tumbang b. Lubang pada pohon besar c. Gua d. Bivak dari bambu e. Bivak dari daun tumbuh - tumbuhan 2. Bivak buatan a. Menggunakan plastik b. Menggunakan Fly sheet Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pembuatan Bivak yaitu: 1. Untuk berapa lama Dengan merencanakan akan berapa lama berlindung di suatu tempat, penghematan tenaga dan kesadaran emosi akan terjaga. 2. Sendiri atau kelompok Buatlah tempat berlindung yang sesuai dengan kebutuhan, tidak terlalu luas dan tidak terlau sempit sehingga kehangatan tempat berlindung tetap terjaga. 3. Memilih tempat untuk menjaga kenyamanan dan tetap hangatnya tempat berlindung serta menghindari cepatnya penurunan daya tahan tubuh, perhatikan hal berikut ; a. Dirikan bivak yang terlindung dari terpaan angin, jangan dirikan bivak ditempat yang terbuka dari terpaan angin b. Dirikan bivak pada tempat yang kering dan rata, untuk daerah yang lembab, buatlah para - para yang kokoh. Jangan dirikan bivak dilereng gunung atau lembah c. Dirikan bivak dibawah kerindangan pohon yang tembus sinar matahari. Jangan dirikan dibawah pohon yang rapuh dan lapuk d. Pada situasi bivak yang permanen, usahakan dirikan pada daerah yang dekat dengan sumber air. Jangan dirikan bivak dialiran sungai dan jalur lintas binatang. Di daerah tempat kita akan mendirikan bivak hendaknya bukan merupakan sarang nyamuk atau serangga lainnya. Kita juga perlu perhatikan bahan pembuat bivak. Usahakan bivak terbuat dari bahan yang kuat dan pembuatannya baik, sebab semuanya akan menentukan kenyamanan. Bentuk lain dari alam yang bisa dimanfaatkan sebagai bivak yaitu gua, lekukan tebing atau batu yang cukup dalam, lubang - lubang dalam tanah dan sebagainya. Apabila memilih gua, kita bisa memastikan tempat ini bukan persembunyian satwa. Goa yang akan ditinggali juga tak boleh mengandung racun. Cara klasik untuk mengetahui ada tidaknya racun adalah dengan memakai obor. Kalau obor tetap menyala dalam gua tadi artinya tak ada racun atau gas berbahaya di sekitarnya. Kita juga bisa memanfaatkan tanah berlubang atau tanah yang rendah sebagai tempat berlindung. Tanah yang berlubang ini biasanya bekas lubang perlindungan untuk pertahanan, bekas penggalian tanah liat dan lainnya. Pastikan tempat - tempat tersebut tidak langsung menghadap arah angin. Kalau terpaksa menghadap angin bertiup kita bisa membuat dinding pembatas dari bahan - bahan alami. Selain menahan angin, dinding ini bertugas untuk menahan angin untuk tidak meniup api unggun yang dibuat di muka pintu masuk .

Aturan 17 Pupuh

Edit ATURAN PUPUH 17 by ‎Siti Nazura‎ on ‎‎Saturday, April 28, 2012‎ at ‎12:39pm‎ ·‎ Pupuh adalah karya sastra berbentuk puisi yang termasuk bagian dari khazanah sastra Sunda. Pupuh itu terikat oleh patokan (aturan) pupuh berupa guru wilangan, guru lagu, dan watek. Guru wilangan adalah jumlah engang (suku kata) tiap padalisan (larik/baris). Guru lagu adalah sora panungtung (bunyi vokal akhir) tiap padalisan. Sedangkan watek adalah karakteristik isi pupuh. Jumlah pupuh semuanya terdapat 17 jenis pupuh yang terbagi ke dalam dua kategori, yaitu 4 jenis pupuh termasuk ke dalam Sekar Ageung dan 13 jenis pupuh lainnya termasuk ke dalam Sekar Alit. Pupuh Sekar Ageung bisa ditembangkan (dinyanyikan) dengan menggunakan lebih dari satu jenis lagu, sedangkan pupuh Sekar Alit hanya bisa ditembangkan dengan satu jenis lagu saja. Di bawah adalah ke-17 jenis pupuh yang dimaksud: Sekar Ageung Pupuh Kinanti Pupuh Sinom Pupuh Asmarandana Pupuh Dangdanggula Sekar Alit Pupuh Balakbak Pupuh Durma Pupuh Gambuh Pupuh Gurisa Pupuh Jurudemung Pupuh Ladrang Pupuh Lambang Pupuh Magatru Pupuh Maskumambang Pupuh Mijil Pupuh Pangkur Pupuh Pucung Pupuh Wirangrong Setiap pada (bait) ke-17 jenis pupuh di atas memiliki jumlah padalisan yang tidak sama, begitupun dengan patokan pupuh berupa guru wilangan, guru lagu, dan watek ke-17 jenis pupuh di atas itu pun berbeda. Di bawah selengkapnya bisa dilihat perbedaannya: KINANTI Watek: Menggambarkan perasaan sedang menanti (nungguan), khawatir (deudeupeun), atau rasa sayang (kanyaah). Guru Wilangan dan Guru Lagu: 8-u, 8-i, 8-a, 8-i, 8-a, 8-i Contoh Pupuh: Budak leutik bisa ngapung Babaku ngapungna peuting Nguriling kakalayangan Néangan nu amis-amis Sarupaning bungbuahan Naon baé nu kapanggih SINOM Watek: Menggambarkan rasa gembira (gumbira) atau rasa sayang (kadeudeuh). Guru Wilangan dan Guru Lagu: 8-a, 8-i, 8-a, 8-i, 7-i, 8-u, 7-a, 8-i, 12-a Contoh Pupuh: Warna-warna lauk émpang Aya nu sami jeung pingping Pagulung patumpang-tumpang Ratna Rengganis ningali Warnaning lauk cai Lalawak patingsuruwuk Sepat patingkarocépat Julung-julung ngajalingjing Sisi balong balingbing sisi balungbang ASMARANDANA Watek: Menggambarkan rasa asmara (kabirahian), cinta kasih (deudeuh asih), atau rasa sayang (nyaah). Guru Wilangan dan Guru Lagu: 8-i, 8-a, 8-é/o, 8-a, 7-a, 8-u, 8-a Contoh Pupuh: Éling-éling mangka éling Rumingkang di bumu alam Darma wawayangan baé Raga taya pangawasa Lamun kasasar lampah Nafsu nu matak kaduhung Badan anu katempuhan DANGDANGGULA Watek: Menggambarkan rasa kedamaian (katengtreman), keindahan (kawaasan), keagungan (kaagungan), atau kegembiraan (kagumbiraan). Guru Wilangan dan Guru Lagu: 10-i, 10-a, 8-é/o, 7-u, 9-i, 7-a, 6-u, 8-a, 12-i, 7-a Contoh Pupuh: Sing aringet ulah salah harti Ngomongkeun batur téh penting pisan Ngomong-ngomong tong polontong Kabéh ngomongkeun batur Keur muru hirup nu walagri Diajar ngalalampah Napak hirup batur Maca kana pangalaman Léngkah nu hade keur picontoeun diri Nu goréng mah singkahan BALAKBAK Watek: Menggambarkan lelucon (heureuy) atau komedi (banyol). Guru Wilangan dan Guru Lagu: 15-é, 15é, 15-é Contoh Pupuh: Aya warung sisi jalan ramé pisan, Citaméng Awéwéna luas-luis los ka dapur, ngagoréng Lalakina los ka pipir nyoo monyét, nyanggéréng DURMA Watek: Menggambarkan rasa marah (ambek), besar hati (gedé haté), atau semangat (sumanget) Guru Wilangan dan Guru Lagu: 12-a, 7-i, 6-a, 7-a, 8-i, 5-a, 7-i Contoh Pupuh: Di mamana penjajah pada marudah Lantaran dikiritik Ku ahli nagara Yén éta lampah jahat Tapina kalah mudigdig Ambek-ambekan Dasar nu buta-tuli GAMBUH Watek: Menggambarkan rasa sedih (kasedih), susah (kasusah), atau sakit hati (kanyeri). Guru Wilangan dan Guru Lagu: 7-u, 10-u, 12-i, 8-u, 8-o Contoh Pupuh: Tuh itu beurit lintuh Mani rendey anakna sapuluh Arilikan gambarna masing taliti Anakna kabéh ngariung Saregep hormat ka kolot GURISA Watek: Menggambarkan orang yang sedang melamun (ngalamun) atau melamun kosong (malaweung) Guru Wilangan dan Guru Lagu: 8-a, 8-a, 8-a, 8-a, 8-a, 8-a, 8-a, 8-a Contoh Pupuh: Hayang teuing geura beurang Geus beurang rék ka Sumedang Nagih ka nu boga hutang Mun meunang rék meuli soang Tapi najan henteu meunang Mo rék buru-buru mulang Rék terus guguru nembang Jeung diajar nabeuh gambang JURU DEMUNG Watek: Menggambarkan rasa bingung, susah dengan apa yang harus dilakukan (pilakueun). Guru Wilangan dan Guru Lagu: 8-a, 8-i, 8-a, 8-i, 8-a, 8-i Contoh Pupuh: Mun pinanggih jeung kasusah Omat ulah rék nguluwut Pasrahkeun ka Gusti Ihtiar ulah tinggal Neda kurnia Nu Agung LADRANG Watek: Menggambarkan rasa lelucon (banyol) dengan maksud menyindir (nyindiran) Guru Wilangan dan Guru Lagu: 10-i, 4-a (2x), 8-i, 12-a Contoh Pupuh: Coba teguh masing telek telik Éta gambar, éta gambar Sugan nyaho, Ujang nyai Sato naon reujeung di mana ayana LAMBANG Watek: Menggambarkan rasa lelucon (banyol) tetapi banyol yang mengandung hal yang harus dipikirkan. Guru Wilangan dan Guru Lagu: 8-a, 8-a, 8-a, 8-a Contoh Pupuh: Riab anu lalumpatan Lumpat bari tatanggahan Tingalasruk susurakan Rék ngarucu langlayang MAGATRU Watek: Menggambarkan rasa sedih, penyesalan (handeueul) oleh perilaku sendiri, atau menasehati (mapatahan). Guru Wilangan dan Guru Lagu: 12-u, 8-i, 8-u, 8-i, 8-o Contoh Pupuh: Coba teguh naon nu sukuna tilu Panon opat henteu galib Leumpangna rumanggieung laun Éstuning ku matak watir Dongko bari oho-oho MASKUMAMBANG Watek: Menggambarkan rasa kesedihan (kanalangsaan), sedih dengan sakit hati. Guru Wilangan dan Guru Lagu: 12-i, 6-a, 8-i, 8a Contoh Pupuh: Duh manusa mana teungteuingeun teuing Nyangsara pohara Naha naon dosa kuring Anu matak dikurungan MIJIL Watek: Menggambarkan rasa bersedih (kasedih) tetapi dengan penuh harapan. Guru Wilangan dan Guru Lagu: 10-i, 6-o, 10-é, 10-i, 6-i, 6-u Contoh Pupuh: Aduh Gusti Anu Maha Suci Sim abdi rumaos Pangna abdi dumugi ka kesrek Réhna sepuh parantos ngusir Takabur sareng dir Téga nundung sepuh PANGKUR Watek: Menggambarkan rasa marah (ambek) yang tersimpan dalam hati atau menghadapi tugas yang berat. Guru Wilangan dan Guru Lagu: 8-a, 11-i, 8-u, 7-a, 12-u, 8-a, 8-i Contoh Pupuh: Bapa Doblang pada terang Kumis baplang nuruban biwir nu jeding Pipi kemong, irung mancung Panon buringas hérang Goréng omong gawang-geuweung harung gampung Pantrang mayar kana hutang Licik sarta sok curaling PUCUNG Watek: Menggambarkan rasa marah (ambek) terhadap diri sendiri, atau benci (keuheul) karena tidak setuju hati. Guru Wilangan dan Guru Lagu: 12-u, 6-a, 8-é/o, 12-a Contoh Pupuh: Hayu batur urang dialajar sing suhud Ulah lalawora Bisi engké henteu naék Batur seuri, urang sumegruk nalangsa WIRANGRONG Watek: Menggambarkan rasa malu (kawiwirangan), malu oleh perilaku sendiri. Guru Wilangan dan Guru Lagu: 8-i, 8-o, 8-u, 8-i, 8-a, 8-a Contoh Pupuh: Barudak mangka ngalarti Ulah rék kadalon-dalon Enggon-enggon nungtut élmu Mangka getol, mangka tigin Pibekeleun saréréa Modal bakti ka nagara