Senin, 17 Desember 2018

4 Tahapan Iman kepada Takdir

๐Ÿ’Ž๐Ÿ’ EMPAT TAHAPAN IMAN TERHADAP TAKDIR

๐Ÿ”– Para Ulama menjelaskan 4 Tahapan Keimanan terhadap Taqdir.

๐Ÿ“‹ Barangsiapa yang Mengimani Keempat Tahapan tersebut dengan Benar, maka telah Benarlah Keimanannya terhadap Taqdir. Empat Tahapan itu adalah :

1⃣. Ilmu Allah.

๐Ÿ”ท Allah Maha Mengetahui segala Sesuatu, termasuk Apa yang Akan Terjadi di Alam Semesta ini secara Detail. Allah Maha Mengetahui segala Sesuatu sebelum Terjadinya.

...ุฅِู†َّ ุงู„ู„َّู‡َ ุจِูƒُู„ِّ ุดَูŠْุกٍ ุนَู„ِูŠู…ٌ

๐Ÿƒ…Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui segala Sesuatu (Q.S al-Anfaal:75).

๐Ÿ’  Al-Imam Asy-Syafi’i Rahimahullah menyatakan : Al-Qodariyyah (Para Pengingkar Taqdir) yang disebut oleh Rasulullah Shollallahu Alaihi Wasallam sebagai Majusi-nya Umat ini adalah Orang-orang yang Menyatakan bahwa Allah Tidak Mengetahui Kemaksiatan sampai Terjadinya Kemaksiatan (Sebelum terjadi Kemaksiatan, Allah Belum Tahu)(Manaaqib asy-Syafi’i karya al-Baihaqy (1/413).

2⃣. Penulisan Ilmu Allah terhadap yang Akan Terjadi hingga Hari Kiamat pada Lauhul Mahfudzh. Hanya Allah saja yang tahu tentang isi Lauhul Mahfudzh.

ู…َุง ุฃَุตَุงุจَ ู…ِู†ْ ู…ُุตِูŠุจَุฉٍ ูِูŠ ุงู„ْุฃَุฑْุถِ ูˆَู„َุง ูِูŠ ุฃَู†ْูُุณِูƒُู…ْ ุฅِู„َّุง ูِูŠ ูƒِุชَุงุจٍ ู…ِู†ْ ู‚َุจْู„ِ ุฃَู†ْ ู†َุจْุฑَุฃَู‡َุง ุฅِู†َّ ุฐَู„ِูƒَ ุนَู„َู‰ ุงู„ู„َّู‡ِ ูŠَุณِูŠุฑٌ

๐Ÿƒ Tidaklah ada suatu Musibah yang Menimpa di Bumi atau pada Diri kalian kecuali Telah (Tertulis) dalam Kitab (Lauhul Mahfudzh) Sebelum Kami MenciptakanNya (Q.S al-Hadiid:22).

ูƒَุชَุจَ ุงู„ู„َّู‡ُ ู…َู‚َุงุฏِูŠุฑَ ุงู„ْุฎَู„َุงุฆِู‚ِ ู‚َุจْู„َ ุฃَู†ْ ูŠَุฎْู„ُู‚َ ุงู„ุณَّู…َุงูˆَุงุชِ ูˆَุงู„ْุฃَุฑْุถَ ุจِุฎَู…ْุณِูŠู†َ ุฃَู„ْูَ ุณَู†َุฉٍ

๐Ÿƒ Allah Menulis Taqdir-taqdir (Seluruh Makhluk) 50 ribu tahun sebelum Diciptakannya Langit dan Bumi (H.R Muslim no 4797).

✅ Hal yang Tertulis dalam Lauhul Mahfudzh Berisi secara Detail Segala Sesuatu yang Terjadi di Dunia hingga Hari Kiamat, Tidak Akan Pernah Berubah. Tidak Ada Penambahan atau Pengurangan Sedikitpun.

3⃣. Kehendak Allah.

๐Ÿ”ท Segala Sesuatu yang Terjadi pasti Atas Kehendak Allah. Tidak Ada Sesuatupun yang Terjadi di Luar Kehendak Allah, dan Tidak Ada Satupun Kehendak Allah yang Tidak Terlaksana.

ุฅِู†َّู…َุง ุฃَู…ْุฑُู‡ُ ุฅِุฐَุง ุฃَุฑَุงุฏَ ุดَูŠْุฆุงً ุฃَู†ْ ูŠَู‚ُูˆู„َ ู„َู‡ُ ูƒُู†ْ ูَูŠَูƒُูˆู†ُ

๐Ÿƒ Sesungguhnya keadaan-Nya apabila Dia Menghendaki Sesuatu hanyalah Berkata kepadanya: "Jadilah!" maka terjadilah ia (Q.S Yaasin:82).

๐ŸŒพ Kehendak di sini yang dimaksud adalah Irodah Kauniyyah. Sedangkan Iradah Syar’iyyah Bisa Terjadi Bisa Tidak Terjadi.

๐Ÿ’ Makhluk Memiliki juga Kehendak, namun Kehendaknya di Bawah Kehendak Allah. Dalilnya adalah :

ู„ِู…َู†ْ ุดَุงุกَ ู…ِู†ْูƒُู…ْ ุฃَู†ْ ูŠَุณْุชَู‚ِูŠู…َ (28) ูˆَู…َุง ุชَุดَุงุกُูˆู†َ ุฅِู„َّุง ุฃَู†ْ ูŠَุดَุงุกَ ุงู„ู„َّู‡ُ ุฑَุจُّ ุงู„ْุนَุงู„َู…ِูŠู†َ

๐Ÿƒ Bagi siapa di antara Kalian yang Berkehendak untuk Menempuh Jalan yang Lurus. Dan Tidaklah mereka Berkehendak kecuali Sesuai (di bawah) Kehendak Allah Tuhan Semesta Alam (Q.S atTakwiir:28).

4⃣. Penciptaan.

๐Ÿ”ท Segala sesuatu adalah Ciptaan Allah, termasuk Manusia dan Amalannya.

ูˆَุงู„ู„َّู‡ُ ุฎَู„َู‚َูƒُู…ْ ูˆَู…َุง ุชَุนْู…َู„ُูˆู†َ

๐Ÿƒ Dan Allah yang Menciptakan Kalian dan Apa yang Kalian Perbuat. (Q.S as-Shooffaat: 96).

๐ŸŽฏ Itulah 4 tahapan dalam Keimanan terhadap Takdir.

๐Ÿ’ฅ Jika Seseorang Mengingkari Dua Tahapan Pertama tentang Ilmu Allah dan Penulisan Takdir, maka ia adalah Qodariyyah yang sampai pada Taraf Kafir karena ia Tidak Beriman terhadap Ilmu Allah. Sebagaimana perkataan Al-Imam asy-Syafi’i tentang Qodariyyah.

๐Ÿ”ฅ Jika Seseorang Mengingkari Tahapan ke-3 atau ke-4 Maka ia adalah
Mu'tazilah yang Menyimpang. Para Ulama’ Tidak Mengkafirkannya karena ia Menyimpang akibat Kesalahan Takwil. Namun, Tetap saja Pemahaman tersebut adalah Batil.

๐ŸŒท Ahlussunnah Mengimani 4 Tahapan Takdir tersebut Secara Benar (Disarikan dari Penjelasan Syaikh Abdul Aziz ar-Rajihi dalam menjelaskan Syarhus Sunnah lil Muzani).

๐Ÿ“’ Dikutip dari Buku "Akidah Imam Al-Muzani (Murid Imam Asy-Syafii)"

_____
๐ŸŽ“ Al Ustadz Abu Utsman Kharisman Hafidzahullah.

➖✽เฎœ๐Ÿƒ๐ŸŒน๐Ÿƒ๐ŸŒน๐Ÿƒ๐ŸŒน๐Ÿƒเฎœ✽➖

0 komentar:

Posting Komentar