Jumat, 28 Desember 2018

Jangan Bebisik Berduaan Tanpa Menyertakan Orang Ketiga

 ❎⛔Larangan Berbisik Bagi Dua Orang dengan Tidak Menyertakan Orang Ketiga

📖 Riyadhush Shalihin; Imam Nawawi; al-Qur’an – Hadits

💜Firman Allah: “Sesungguhnya pembicaraan rahasia itu adalah dari setan.” (al-Mujaadilah: 10)

💡Dari Ibnu Umar ra. bahwasannya Rasulullah saw. bersabda: “Apabila ada tiga orang, maka janganlah dua orang di antara mereka itu berbisik-bisik tanpa mengikut sertakan orang ketiga.” (HR Bukhari dan Muslim)

💡Hadits ini juga diriwayatkan oleh Abu Dawud, dan ada tambahan bahwasannya Abu Shalih bertanya kepada Ibnu Umar: “Bagaimana kalau ada empat orang?”Ibnu Umar menjawab: “Tidak apa-apa.” Di dalam kitab al Muwaththa’, Malik meriwayatkan hadits ini dari Abdullah bin Dinar dimana ia berkata: “Saya bersama-sama dengan Ibnu Umar berada di rumah Khalid bin Ukbah yang berada di pasar, kemudian ada seseorang yang bermaksud berbisik-bisik dengannya dan tidak seorangpun di dekat Ibnu Umar kecuali saya, Ibnu Umar lantas memanggil orang lain sehingga kami berempat.

💡Ibnu Umar berkata kepada saya dan kepada orang ketiga yang dipanggil itu: “Silakan kalian menyisih sebentar, karena sesungguhnya saya mendengar Rasulullah saw. bersabda: ‘Janganlah ada dua orang berbisik-bisik tanpa mengikut sertakan satu orang yang lain.”

💡Dari Ibnu Mas’ud ra. bahwasannya Rasulullah saw. bersabda: “Apabila kalian bertiga, maka janganlah dua orang berbisik-bisik tanpa mengikutsertakan yang lain, sehingga kalian berkumpul dengan orang banyak, karena yang demikian itu bisa menyusahkan orang yang tidak diajak berbisik-bisik.” (HR Bukhari dan Muslim)

   ♻💡♻💡♻💡♻💡♻

0 komentar:

Posting Komentar